10 Fakta teratas tentang planet Neptunus

Web Informasi - Neptunus adalah sebuah planet yang menempati urutan kedelapan dari Matahari di tata surya kita. Ini adalah planet terbesar keempat dengan diameternya dan menempati terbesar ketiga oleh massanya. Di antara planet raksasa di tata surya, Neptunus adalah planet yang paling padat. Neptunus adalah 17 kali massa Bumi dan sedikit lebih besar dari dekat-planet kembarannya Uranus, yang merupakan 15 kali massa Bumi dan sedikit lebih besar dari Neptunus. [C] Neptunus mengorbit Matahari pada jarak rata-rata 30,1 unit astronomi (4,50 × 109 km). Dinamai dewa Romawi laut dan Neptunus memiliki simbol astronomi seperti ini ♆, versi bergaya trisula dewa Neptunus. Berikut ini adalah sepuluh fakta teratas tentang planet Neptunus yaitu:

 baca juga cari uang dari internet untuk pemula

1) Neptunus ditemukan melalui pengamatan matematika perhitungan-tidak langsung.

Kadang-kadang bintang terang yang kita lihat di langit malam adalah benar-benar planet, tetapi Neptunus terlalu jauh untuk dilihat tanpa bantuan teleskop. Untuk alasan ini tetap belum ditemukan sampai agak baru-baru ini, dan hanya karena Uranus.

(Baca juga: 5 Planet menakjubkan dan Anda tidak pernah diberitahu di sekolah).

Uranus ditemukan cukup sengaja pada tahun 1781. pengamatan diperpanjang menunjukkan bahwa ada fluktuasi periodik dalam orbitnya. Fluktuasi ini bisa dipertanggungjawabkan jika ada planet lain yang lebih jauh. Menggunakan perhitungan matematis, astronom Urbain Le Verrier dari Perancis dan John Couch Adams dari Inggris mampu secara mandiri menentukan di mana planet baru ini harus ditemukan. Pada tahun 1846, Johann Galle mengonfirmasi perhitungan ini dengan mengamati Neptunus.

2) Metana di atmosfer menyumbang warna biru.

Mirip dengan melihat Venus, ketika kita melihat Neptunus apa yang kita lihat adalah bukan permukaan-tepatnya itu cahaya terpantul awannya. Atmosfer Neptunus mirip dengan planet luar lainnya, yang terutama terdiri dari hidrogen dan helium. Hal ini juga mengandung sejumlah kecil metana, yang mengapa itu adalah biru. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Uranus lebih dari biru kusam dengan warna kehijauan bukan biru terang yang sama terlihat di Neptunus? Itu karena masing-masing mereka mendapatkan warna mereka dari metana di atmosfer mereka. Jawabannya adalah bahwa para ilmuwan tidak benar-benar yakin, dan masih melihat ke pertanyaan itu. Harus ada beberapa faktor lain yang bermain;kita hanya tidak tahu apa itu belum.

Planet Neptunus

Uranus dan Neptunus yang unik di antara planet-planet luar kita bahwa mereka bukan es raksasa-raksasa gas, seperti yang diduga sebelumnya. Menariknya, sebagian besar exoplanets kita telah menemukan adalah raksasa es juga. Ini adalah insentif yang kuat untuk kembali suatu hari nanti Neptunus, karena ini adalah contoh dari sebuah planet ekstrasurya-seperti itu jauh lebih mudah dicapai.

3) Tingkat suhu rata-rata di permukaan Neptunus adalah -328 derajat Fahrenheit.

Neptunus diatur terpisah dari Uranus dengan cara yang aneh. Meskipun itu setengahnya lagi sebagai jauh dari Matahari sebagai Uranus-2,8 miliar mil dibandingkan 1,79-itu tentang suhu yang sama. Jumlah sinar matahari yang mencapai Neptunus jelas jauh lebih lemah, namun itu adalah memberikan off antara dua dan tiga kali jumlah panas yang diterima dari Matahari Untuk menjelaskan ini. Harus ada semacam panas internal yang dihasilkan. Sedikit lebih dikenal pada saat ini, meskipun beberapa spekulasi telah dibuat mengenai sumbernya.

(Baca juga: 10 Fakta teratas tentang planet Merkurius).

Beberapa percaya ini mungkin menjadi proses alami yang berasal dari pembentukan tata surya kita. Planet yang panas dan masih dalam proses pendinginan. Mungkin juga ada radioaktif peluruhan berkontribusi untuk panas internal Neptunus. Intinya diperkirakan kira-kira suhu yang sama dengan permukaan Matahari, sehingga pasti ada sesuatu yang terjadi!

4) Satu hari di Neptunus berlangsung 16 jam.

Karena Neptunus adalah sekitar empat kali lebih luas dari diameter bumi, Anda akan berpikir itu akan mengambil lebih banyak waktu untuk membuat rotasi lengkap. Namun, Neptunus berputar jauh lebih cepat daripada bumi kita. Sehari hanya 16 jam. Berputar cepat ini menyebabkan penampilan banding di atmosfer yang mirip dengan apa yang terlihat pada planet luar lainnya (terutama Jupiter).

5) Neptunus adalah rumah bagi angin tercepat di tata surya kita.

Kecepatan rotasi Neptunus juga menyebabkan sangat tinggi angin mencapai 1.250 mil per jam! Itu lima kali kecepatan puncak badai paling tangguh yang dilihat di Bumi. Suhu dingin di atmosfer Neptunus dapat berfungsi untuk mengurangi gesekan, sehingga angin sekitar bergegas lebih cepat. Seperti yang Anda bayangkan, ini angin yang ekstrim dapat menyebabkan badai yang sangat keras. Pada tahun 1989, Voyager 2 menangkap gambar bintik Neptunus yang merupakan badai raksasa berukuran sekitar 8.000 oleh 4.000 mil dalam ukuran. Ini mungkin terdengar mirip dengan badai besar Jupiter, Great Red Spot, dan pada dasarnya itu adalah-namun badai Jupiter telah berlangsung selama beberapa dekade. Neptunus, bagaimanapun, tidak terlihat ketika kita mencoba untuk melihatnya dengan Hubble Space Telescope hanya tiga tahun kemudian.

6) Satu tahun di Neptunus berlangsung 165 tahun di Bumi.

Neptunus sangat jauh dari Matahari-sekitar 2.798 juta mil jauhnya. Orbitnya adalah sangat besar, jadi tentu saja dibutuhkan waktu yang lama untuk planet melakukan perjalanan sepanjang jalan di sekitar Matahari untuk membuat orbit lengkap mengambil Neptunus 165 tahun Bumi.

(Baca juga: 10 Fakta teratas tentang planet Venus).

Jarak dari Matahari mempengaruhi durasi tahun dalam cara lain juga. Dua faktor yang menentukan tarikan gravitasi massa dan jarak. Neptunus cukup besar, tapi karena begitu jauh dari Matahari itu tidak sangat dipengaruhi oleh tarikan gravitasi Matahari. Oleh karena itu, perjalanan lebih lambat karena mengorbit. Perjalanan lebih lambat ditambah banyak ruang angkasa untuk menutupi membuat periode orbitational yang sangat lama.

7) Neptunus dikonfirmasi memiliki 13 bulan.

Hanya tujuh belas hari setelah Neptunus ditemukan, William Lassell menemukan bulan terbesarnya: Triton. Itu adalah bulan lainnya yang lebih kecil dan lebih gelap. Sehingga mereka tidak bisa dideteksi sebelum kita memiliki instrumen lebih maju yang kita miliki. Dua belas bulan lebih telah dikonfirmasi mengorbit Neptunus sejak Lassell menemukan pertama kali. Sangat menarik bahwa mereka diberi nama setelah dewa laut yang lebih rendah di mitologi Yunani , mengingat Neptunus adalah  dewa Romawi  laut.

Berkat Voyager 2 terbang lintas pada tahun 1989, kita tahu beberapa hal super keren tentang Triton. Pertama, kita telah menemukan es gunung berapi aktif di Triton. Menurut NASA, gunung berapi diyakini ‘menyemburkan apa yang mungkin campuran nitrogen cair, metana dan debu, yang langsung membeku dan kemudian salju kembali ke permukaan.’ Kedua, ia memiliki suasana sendiri. Ini terdiri sebagian besar dari nitrogen, seperti kita, meskipun itu jauh lebih tipis. Ketiga, mengorbit planet dalam arah yang berlawanan dari semua bulan lainnya, tidak sinkron dengan arah rotasi Neptunus. Hal ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar asteroid yang ditarik dan terjebak di orbit oleh tarikan gravitasi Neptunus. Bagian yang terbaik adalah bahwa Triton akan cenderung akhirnya akan dihancurkan oleh gravitasi Neptunus dan bahkan mungkin membentuk cincin lain di planet ini.

Selain tiga belas yang dikonfirmasi, Neptunus memiliki bulan sementara yang ditemukan pada tahun 2013. Hal ini ditemukan oleh Mark Showalter karena ia akan melalui foto yang diambil oleh Hubble Space Telescope. Salah satu gambarnya, menunjukkan bintik samar titik tambahan. Ini belum dikonfirmasi suatu bulan resmi.

8) Jika Anda menimbang 100 pound di Bumi, Anda akan menimbang 113 pound di Neptunus.

Berat adalah ukuran tarik gravitasi pada sesuatu, sehingga dapat berubah berdasarkan lokasi. Faktor yang mempengaruhi gravitasi adalah massa dan jarak.Di Bumi, kita mengalami gravitasi yang kita lakukan karena seberapa jauh kita dari pusat bumi dan jumlah massa bahwa itu terdiri dari.

Neptunus adalah lebih dari 17 kali lebih besar sebagai Bumi. Tarik gravitasi di permukaan tingkat lebih besar dari Uranus 'meskipun Neptunus sedikit lebih kecil. Hal ini karena meskipun itu kecil, itu juga lebih padat-ada lebih banyak bahan dikemas dalam. Bahkan, itu adalah terpadat dari semua planet luar. Massa besar itu terdiri dari rekening untuk tarikan gravitasi yang lebih besar pada objek di tingkat permukaan.

9) Neptunus memiliki enam cincin.

Meskipun Neptunus ditemukan pada tahun 1846, kita tidak tahu itu cincin sampai sangat baru-baru tahun 1989. Voyager 2 terbang lintas mengirim kembali gambar yang jelas menunjukkan mereka. Sama seperti cincin planet Jovian lainnya, cincin Neptunus terdiri dari benda-benda kecil seperti debu atau sebagai besar sebagai batu-batu besar. Mereka mungkin telah dibentuk mirip dengan bagaimana planet kita terbentuk sekitar Matahari Gravitasi Neptunus mungkin telah terperangkap banyak gas dan debu di orbitnya yang bertambah untuk membentuk partikel yang lebih besar. Banyak cincin adalah hasil dari sebuah bulan yang hancur, baik dari tabrakan atau gravitasi induk planet.

10) Voyager 2 adalah satu-satunya pesawat ruang angkasa yang telah mengunjungi Neptunus.

Sampai Voyager 2 terbang melewati Neptunus pada tahun 1989 dan mengirim kembali foto dan pengukuran, kita tahu sangat sedikit tentang planet ini. Hanya beberapa dekade lalu itu diyakini dasarnya menjadi versi yang lebih kecil dari planet Jupiter atau seperti Saturnus, tapi Uranus dan Neptunus keduanya jelas berbeda dalam komposisi. Alih-alih menjadi gas raksasa seperti Jupiter dan Saturnus, mereka raksasa es. Menariknya, sebagian besar exoplanets kita telah menemukan adalah raksasa es juga. Ini bahkan lebih insentif untuk meninjau kembali planet terjauh kita, karena ini adalah contoh dari sebuah planet ekstrasurya-seperti itu jauh lebih mudah dicapai.

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian


Bahkan saat ini kita benar-benar tidak tahu semua yang banyak tentang planet-planet terjauh yang dikenal dalam tata surya kita. Ini adalah alasan utama yang banyak ilmuwan ingin membuat perjalanan lain di sana. Ada banyak kita bisa belajar, tapi sayangnya itu masih sangat mahal-kita berbicara beberapa miliar dolar. AS pasti tidak persis memiliki uang sebanyak itu untuk membuang sekitar. Tapi mungkin di beberapa negara di masa depan akan bekerjasama untuk misi bersama ke planet terluar kita.

Post a Comment for "10 Fakta teratas tentang planet Neptunus"