10 Fakta teratas tentang planet Venus

Web Informasi - Pada artikel sebelumya, saya telah membahas tentang fakta planet Merkurius. Pada artikel kali ini saya akan melanjutkan pembahasan fakta tentang planet Venus. Berikut ini adalah sepuluh fakta teratas tentang planet Venus antara lain yaitu:

1) Venus adalah (ironisnya) nama untuk dewi kecantikan dan cinta Romawi

Venus telah dikenal sejak setidaknya saat suku Maya menggunakan pengamatan mereka dari planet untuk membantu membuat kalender mereka yang sangat akurat. Bangsa Romawi kemudian memberikannya nama, setelah dewi keindahan dan cinta mereka (setara Aphrodite Yunani). Hal ini secara luas diyakini bahwa mereka memilih nama ini untuk planet ini karena bersinar begitu cerah di langit malam. Planet Venus benar-benar sangat indah.

(Baca juga:  5 Planet menakjubkan dan Anda tidak pernah diberitahu di sekolah).

Namun, misi modern untuk Venus menceritakan sebuah cerita yang sangat berbeda tentang planet ini. Venus adalah api, beracun, dunia neraka panas dan tekanan yang ekstrim. Misi ini butuh yang modern bagi kita untuk belajar hal-hal tentang planet karena awan yang begitu tebal bahwa kita tidak dapat melihat melalui awan. Semua hal yang kita benar-benar lihat, ketika kita melihat cahaya planet ini yang dipantulkan dari puncak awan.

Planet Venus

2) Venus adalah ‘bintang’ baik fajar maupun sore

Sejak Venus dikenal oleh orang dahulu, kita tidak benar-benar memiliki cara untuk mengetahui siapa sebenarnya yang menemukannya. Namun, meski sudah 'dikenal' itu tidak diidentifikasi dengan benar untuk waktu yang sangat lama, karena mereka percaya untuk menjadi bintang. Benda-benda yang dikenal sebagai bintang fajar dan sore ditemukan menjadi objek yang sama oleh matematikawan Pythagoras. Tetapi bahkan dia tidak tahu kalau itu adalah planet dan sama sekali bukan bintang.

3) Venus sangat mirip dengan Bumi dalam ukuran dan komposisi


Venus
Bumi
Massa
4.867 x 10 ^ 24 kg
5.972 x 10 ^ 24 kg
Massa jenis
5.243 g / cm ^ 3
5.513 g / cm ^ 3
Kecepatan Velocity
37.296 km / jam
40.284 km / jam
Diameter (di khatulistiwa)
12.103,6 km
12.742 km
Gaya berat
8,87 m / s ^ 2
9,81 m / s ^ 2


Bumi kita memiliki begitu banyak kesamaan dengan Venus yang sering disebut adik planet kita. Ini adalah planet yang paling dekat dengan Bumi dan memiliki massa, gravitasi, ukuran, dan hal lain yang sama (lihat tabel di atas). Diperkirakan bahwa sekian lama, Venus pada dasarnya adalah planet kembar bumi kita dalam berbagai hal bahkan lebih. Namun, jarak Venus hanya sekitar 67 juta mil dari matahari, sedangkan jarak Bumi sekitar 93 juta mil dari matahari. Kedekatan Venus dengan matahari dan komposisi atmosfer telah membuat perbedaan drastis dari Bumi dengan cara lain. Sayangnya, meskipun kita belum ada di sana, kita berada dalam tahap awal dari apa yang membuat Venus begitu layak dihuni.

 baca juga tips dan trik blogging untuk pemula

4) Atmosfer Venus adalah super tebal CO2 yang menyebabkan efek rumah kaca

Tebal, atmosfer berawan memiliki efek isolasi, mengunci panas. Tanpa karbon dioksida (CO2), panas jauh lebih mudah terpancar pergi dan hilang. Gurun bumi adalah contoh yang bagus dari ini; bahkan gurun terpanas bisa sangat dingin di malam hari, karena awan langka di daerah tersebut. Akibatnya, siang hari terasa panas dan menghilang dengan cepat di malam hari.

Bagaimanapun, atmosfer Venus adalah sangat padat. Ini terdiri hampir secara eksklusif dari karbon dioksida, dengan jumlah yang lebih kecil dari sulfur dan nitrogen. Jumlah nitrogen sebenarnya membantu menunjukkan betapa tebal atmosfer Venus adalah: atmosfer kita adalah 78% nitrogen, tetapi Venus memiliki sekitar empat kali lebih banyak. Namun nitrogen membuat hanya sebagian kecil dari atmosfer.

Karbon dioksida sangat baik untuk menjebak panas dan karena Venus memiliki begitu banyak karbon dioksida ada sejumlah besar panas yang akan terkunci dalamnya. Hal ini terjadi untuk gelar ekstrim seperti itu bahan bakar efek rumah kaca, yang merupakan kontributor utama pemanasan global di Venus.

5) Venus adalah planet terpanas di tata surya kita

Meskipun jarak Venus hampir dua kali lebih jauh dari Matahari daripada Merkurius, Venus masih panas. Bagaimana itu bisa terjadi? Itu karena atmosfer tebal Venus mengunci berton-ton panas, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Namun, Merkurius memiliki atmosfer sangat lemah (tipis). Hal ini menyebabkan Merkurius kehilangan panas semudah Venus mempertahankan itu. Bahkan meskipun Merkurius pada suhu puncaknya sekitar 800 derajat Fahrenheit, itu termasuk dingin dari rata-rata Venus. Permukaan Venus memiliki suhu hingga hampir 900 derajat Fahrenheit karena efek rumah kaca dan dekat dengan Matahari.

6) Hujan asam sulfat di Venus, tapi tidak pernah mencapai tanah karena planet ini begitu panas

Venus muncul kekuningan karena belerang di atmosfer. Belerang ini datang dalam bentuk asam sulfat, yang mengembun lebih tinggi di atmosfer. Kemudian terjadi hujan asam sulfat beracun ini. Tapi tidak ada yang pernah mencapai permukaan planet. Itu karena dalam perjalanan turun, hujan asam sulfat akan lebih panas dan lebih panas, mencapai titik bahwa itu kembali menguap sebelum mencapai tanah.

Semakin Anda pergi jauh ke bawah melalui atmosfer Venus, semakin sedikit kita tahu tentang hal itu. Ini benar-benar sulit untuk mendapatkan informasi dari lebih dekat ke permukaan karena panas yang ekstrim, tekanan, dan jumlah awan menutupi pandangan kita. Dengan radar, kita sudah bisa memetakan permukaan. Tetapi kita tidak tahu banyak tentang komposisi permukaan dan atmosfer yang lebih rendah. Bagaimanapun, kita tahu bahwa Venus menunjukkan sebuah fenomena petir menarik.

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian

7) Venus memiliki lebih dari 1.600 gunung berapi besar dan ketinggian pegunungan hingga 7 mil

Dunia neraka ini tidak akan lengkap tanpa gunung berapi. Ada ribuan dari mereka. Sugar Mons adalah gunung berapi Venus yang besar dan mencakup dengan diameter lebih dari 170 mil. Gunung berapi di Venus berbeda dari yang di bumi dalam beberapa hal. Pertama, banyak aktivitas gunung berapi Bumi berhubungan dengan lempeng tektonik. Bagaimanapun, Venus tidak menunjukkan tanda-tanda memiliki kegiatan serupa sebagai motor penggerak. Kedua, efek ledakan di Bumi berkaitan dengan gunung berapi. Namun di Venus hal itu tidak terjadi begitu banyak. Itu karena sebagian besar air-driven dan Venus air langka. Akibatnya, gunung berapi Venus lebih seperti gushers atau oozers daripada Blasters kita yang cenderung terjadi di Bumi. Kita tidak memiliki bukti bahwa salah satu dari Venus banyak gunung berapi yang aktif sekarang, tapi mungkin.

Karena sebagian untuk aliran lava yang terjadi di permukaan Venus, tidak ada kawah yang sangat banyak. Ini akan mengambil objek yang sangat besar untuk dapat bertahan hidup melalui atmosfer yang super padat Venus di tempat pertama. Tetapi kita tahu dampak dari obyek besar telah terjadi. Antara waktu banyak dampak dan sekarang, bagaimanapun, telah ada banyak aktivitas gunung berapi. Aliran lava telah merapikan permukaan, sehingga mengurangi tanda-tanda dampak.

Namun demikian, banyak gunung di permukaan Venus. Gunung tertinggi yang kita tahu disebut Maxwell Montes dengan ketinggian tujuh mil. Gunung itu lebih dari seluruh mil lebih tinggi dari Gunung Everest.

8) Untuk Venus, hari ini lebih dari satu tahun

Sehari (seperti yang didefinisikan sebagai panjang waktu yang dibutuhkan bagi planet untuk berputar satu kali lengkap) untuk Venus berlangsung lama yaitu sekitar 243 hari Bumi. Venus memiliki hari terpanjang dari setiap planet kita yang jauh. Hal yang lebih menarik adalah bahwa setahun hanya sekitar 225 hari Bumi. Jadi, hari lebih panjang dari tahun-nya.

Hal yang aneh adalah meskipun Venus berputar begitu lambat, cambuk atmosfer sekitarnya super cepat dan sepanjang jalan di sekitar planet hanya dalam waktu empat jam. Kecepatan angin yang tinggi terlihat di planet luar adalah karena sebagian besar untuk seberapa cepat mereka berputar. Tapi, Venus memiliki rotasi sangat lambat. Terlepas dari ini, kecepatan angin di Venus sebenarnya meningkat. Kita belum yakin mengapa Venus memiliki angin cepat seperti di tempat pertama, tapi Venus Express telah membantu kita mencari tahu.

9) Venus Express, misi modern yang telah membuat banyak penemuan menarik

Ilmuwan telah mengirim misi ke Venus sejak awal 1960-an, meskipun beberapa diantaranya tidak berhasil. Bahkan sekarang, semua penyelidikan yang telah berhasil sampai ke Venus telah meleleh atau hancur. Misi pertama yang berhasil ke Venus adalah AS Mariner 2 terbang lintas. Mereka belajar tentang suhu dan tekanan berlebihan, rotasi retrograde, komposisi atmosfer, dll. Salah satu aplikasi yang paling signifikan adalah bahwa kita tahu itu akan sangat sulit untuk mempelajari planet ini secara dekat, karena kondisi yang keras. Misi berikutnya telah mempelajari lebih dan lebih dan tentu saja teknologi maju sepanjang waktu. Jadi, misi sekarang dan masa depan yang lebih menguntungkan.

Misalnya, Badan Antariksa Eropa Venus Express telah membuat beberapa penemuan yang menarik hanya dalam dekade terakhir. Satu hal yang kita pelajari dari hal ini yang terutama mengejutkan: Meskipun Venus adalah scorchingly panas, mungkin ada fitur salju. Ketinggian di atmosfer planet Venus adalah lapisan yang jauh lebih dingin bahkan daripada bagian dari atmosfer kita sendiri. Data dari Venus Express mengarahkan ilmuwan percaya bahwa lapisan ini cukup dingin bagi karbon dioksida untuk membekukan. Mereka juga telah mempelajari bahwa rotasi Venus secara bertahap melambat. Namun, sistem awan yang sudah berputar cepat sebenarnya mempercepat. Selain itu, mereka telah menemukan bahwa beberapa gunung berapi yang mungkin telah baru-baru ini aktif, ia memiliki lapisan ozon, tidak memiliki medan magnet yang dihasilkan secara internal, dan bagian yang terbaik: itu hampir pasti digunakan untuk fitur lautan air besar, seperti Bumi.

10) Venus mungkin digunakan untuk menjadi dunia air seperti Bumi

Meskipun ada beberapa air di atmosfernya, Venus masih memiliki sekitar 100.000 kali tidak kurang air daripada Bumi. Namun, Venus Express telah menerima data yang kuat bahwa Venus mungkin memiliki lebih banyak lagi air di masa lalu; bahkan mungkin memiliki tidak sebanyak Bumi. Ini sangat panas di permukaan bahwa air akan jelas menguap ke atmosfer. Dari sana, menurut Badan Antariksa Eropa, ‘Venus Express telah pasti mengonfirmasi bahwa planet ini telah kehilangan sejumlah besar air ke ruang angkasa. Hal ini terjadi karena radiasi ultraviolet dari matahari mengalir ke atmosfer Venus dan memecah molekul air menjadi atom: dua hidrogen dan satu oksigen. Ini kemudian melarikan diri ke ruang angkasa’. Proses ini disebut escape atmosfer.

Ide air lalu di Venus belum tentu informasi yang sama sekali baru. Para ilmuwan menganalisis data yang dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa Galileo pada tahun 1990 dan menemukan data yang menunjukkan bahwa mungkin ada sejumlah besar granit yang membentuk dataran tinggi Venus. Granit tidak dapat terbentuk tanpa air, sehingga jika data ini benar, seharusnya sudah ada air di beberapa titik.

Bumi mengalami fenomena yang sama seperti yang seharusnya untuk menjelaskan Venus kehilangan air - escape atmosfer. Jadi, bumi menuju ke arah yang sama? Belum tentu. Proses ini dipercepat dan berlebihan pada Venus karena suhu yang panas sekali dan akan meneruskan air di atmosfer. Bagaimanapun, suhu di Bumi cukup ringan untuk memungkinkan air agar cukup mendinginkan bahwa itu akan mengembun menjadi awan dan hujan kembali ke permukaan dalam bentuk cair (sebagai lawan yang terkena angin matahari sepanjang waktu).

 baca juga cari uang dari internet untuk pemula

Karena lambat, rotasi mundur Venus, tampak jelas bahwa itu dipukul oleh benda yang sangat besar kadang-kadang mungkin selama pembentukannya. Tabrakan tersebut bisa berkontribusi kehilangan air planet dalam beberapa cara. Pertama, tabrakan pada skala ini menghasilkan sejumlah besar panas akibat gesekan. Panas mempercepat proses penguapan dan lebih banyak air memasuki atmosfer untuk dikenakan melarikan diri atmosfer. Kedua, tabrakan besar juga dapat menanggalkan bagian dari bagian luar planet dan mengetuk materi ke ruang angkasa (hal yang sama yang mungkin disebabkan Merkurius untuk memiliki inti relatif besar bagi ukuran - bahan luar itu dilucuti setelah tabrakan besar).

Post a Comment for "10 Fakta teratas tentang planet Venus"