10 Fakta teratas tentang planet Uranus

Web Informasi - Jika Anda melihat ke langit malam, Anda mungkin tidak akan dapat melihat Uranus tanpa bantuan, setidaknya memakai teropong dan bahkan maka Anda harus tahu di mana harus mencari planet tersebut. Untuk alasan ini, tetap belum ditemukan untuk waktu yang sangat lama. Berikut ini adalah sepuluh fakta teratas tentang planet Uranus yaitu :

  baca juga cari uang dari internet untuk pemula

1. Uranus merupakan planet yang pertama kali ditemukan menggunakan bantuan teleskop

Pada tahun 1781, William Herschel melihat Uranus melalui teleskop sambil mencari sistem bintang biner. Dia melihat sebuah objek menutupi pandangannya, meskipun ia awalnya tidak tahu itu sebuah planet (bukan, dia seharusnya itu menjadi bintang atau komet). Ia melanjutkan pengamatannya dan melihat bahwa itu terasa bergerak terhadap latar belakang bintang, itu bukan bintang itu sendiri. Pengamatan lebih lanjut menunjukkan bahwa itu bergerak terlalu lambat baik untuk menjadi komet, dan dengan demikian ia menyimpulkan itu seharusnya planet. Dia ingin nama itu setelah Raja Inggris George III, tapi akhirnya diputuskan oleh orang lain disebut Uranus. Semua planet lain (kecuali bumi) dinamai dewa Romawi, tetapi Uranus adalah raja para dewa Yunani dan langit.

(Baca juga: 10 Fakta teratas tentang planet Neptunus).

Sementara Herschel dikreditkan dengan penemuannya, itu benar-benar direkam oleh John Flamsteed sekitar satu abad sebelumnya. Dia tidak diberikan kredit, namun, karena ia selalu percaya itu menjadi bintang; ia menjulukinya 34 Tauri.

2. Suhu rata-rata planet Uranus adalah -320 derajat Fahrenheit

Uranus adalah planet yang sangat, sangat jauh dari Matahari. Sekitar 19 kali lebih jauh seperti bumi kita, yang menempatkan sekitar 1.784 juta mil jauhnya. Itu lebih dari dua kali sejauh planet terdekat berikutnya, Saturnus. Seperti yang Anda mungkin bisa bayangkan, Uranus sangat dingin. Ini hampir persis diikat dengan Neptunus karena planet terdingin di tata surya kita.

(Baca juga: 10 Fakta teratas tentang planet Venus).

Untuk melihatnya, Anda mungkin tidak akan menebak bahwa fitur sangat aneh, pola cuaca menggelora. Tampaknya damai, tenang, dan benar-benar jenis planet yang membosankan. Namun, Uranus super berangin (dengan kecepatan angin hingga 540 mph) dan memiliki badai dalam skala besar, yang dapat dengan mudah mencakup seluruh bumi. Cuacanya juga dipengaruhi oleh kemiringan sumbu nya.

3. Berputar pada sisinya dan ke belakang

Uranus adalah salah satu dari hanya dua planet di tata surya kita yang memiliki fitur rotasi retrograde, bersama dengan Venus. Mereka berputar searah jarum jam, sementara semua planet lain (termasuk planet kita sendiri) berputar berlawanan arah jarum jam. Selanjutnya menyimpang dari norma, Uranus berputar hampir sepenuhnya pada sisinya. Kemungkinan akibat dari tabrakan besar, ini memiliki beberapa efek yang sangat menarik. Pertama, masing-masing kutub Uranus menghabiskan sekitar 20 tahun di bawah sinar matahari konstan diikuti oleh 20 tahun dalam kegelapan terus-menerus. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini mengarah ke beberapa musim aneh yang sama panjang.

(Baca juga: 10 Fakta teratas tentang planet Merkurius).

Cuaca di Bumi terutama solar-driven, dan Uranus adalah sama karena tidak ada banyak internal energi yang dipancarkan oleh planet ini. Sejak begitu banyak lebih jauh yang bisa diharapkan cuaca untuk menjadi sedikit "diencerkan." Jika kita mengunjungi permukaan tingkat Uranus, namun, kita akan cepat tersapu dalam mega-angin badai yang sangat besar.

4. Satu hari di Uranus berlangsung hanya 17 jam

Ukuran Uranus adalah sekitar empat kali lebih luas dari diameter bumi, Anda akan berpikir itu akan mengambil lebih banyak waktu untuk membuat rotasi lengkap. Namun, Uranus berputar jauh lebih cepat daripada planet kita. Sehari hanya 17 jam, meskipun keseluruhan setiap hari biasanya menghabiskan baik kegelapan lengkap atau sinar matahari sepanjang waktu, seperti yang disebutkan di atas. Berputar cepat merupakan faktor utama dalam kecepatan tinggi angin adalah keunggulan di planet ini.

5. Komposisi atmosfer memberikan warna biru-hijau

Ketika kita melihat Uranus, apa yang kita benar-benar lihat cahaya terpantul di puncak awannya. Atmosfernya terdiri terutama dari hidrogen dan helium, tetapi juga memiliki sejumlah kecil metan. Ini adalah apa yang membuatnya berwarna biru-hijau.

(Baca juga: 5 Planet menakjubkan dan Anda tidak pernah diberitahu di sekolah).

Uranus dan Neptunus adalah raksasa es dari sistem tata surya kita. Tubuh Uranus terdiri dari campuran air es, metana, dan amonia. Ini juga diyakini memiliki lautan air yang sangat panas. Bagaimana itu bisa terjadi, di sebuah dunia yang dingin? Tabrakan yang menyebabkan kemiringan sumbu Uranus mungkin disebabkan oleh pemboman komet, yang akan menjelaskan keberadaan air dan sifat dipanaskan daripadanya. Tabrakan dalam skala besar menghasilkan sejumlah besar panas dari gesekan badan memukul satu sama lain (gesekan adalah hal yang sama yang menyediakan panas yang cukup untuk menghasilkan api dengan menggosok dua tongkat bersama-sama). Ditambah tabrakan tekanan tinggi tampil di Uranus bisa menciptakan banyak panas. Laut panas ini dianggap mengelilingi inti berbatuan kecil.

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian

Planet Uranus

6. Uranus memiliki sistem cincin kecil

Meskipun Uranus ditemukan berabad-abad yang lalu, kita tidak tahu bahwa Uranus memiliki cincin sampai pada tahun 1977. Sistem cincin itu ditemukan saat Uranus lewat di depan sebuah bintang yang jauh. Bintang terus mengedip sebelum diblokir oleh Uranus. Fenomena ini diulang ketika datang ke tampilan di sisi lain lagi. Para ilmuwan menemukan bahwa ini adalah karena cincin Saturnus menghalangi bintang.

Pada saat ini mereka diidentifikasi hanya lima atau enam dari cincin, tapi sekarang kita tahu ada setidaknya tiga belas. Yang terdekat ke planet juga yang terbesar dengan lebar margin. Ini adalah sekitar 2.500 kilometer lebarnya, sedangkan yang lain rata-rata sekitar 6.

Cincin dalam berwarna gelap dan tipis, sedangkan cincin luar lebih terang. Sama seperti cincin planet Jovian lainnya, cincin Uranus terdiri dari benda-benda kecil seperti debu atau sebagian besar sebagai bebatuan yang besar. Mereka mungkin telah terbentuk menyerupai dengan bagaimana planet kita terbentuk sekitar Matahari Gravitasi Uranus mungkin telah terperangkap banyak gas dan debu di orbitnya yang bertambah untuk membentuk partikel yang lebih besar. Banyaknya cincin merupakan hasil dari hancunya sebuah bulan, baik dari tabrakan atau gravitasi induk planet.

7. Uranus memiliki 27 bulan

Pada tahun 1787, hanya enam tahun setelah ia menemukan planet ini, Herschel menemukan dua bulan terbesarnya: Oberon dan Titania. Mereka berdua diberi nama setelah karakter dalam William Shakespeare A Midsummer Night Dream. Tambahan 25 bulan yang telah ditemukan sejak juga dinamai karakter Shakespeare, dengan beberapa mengambil nama mereka dari karakter dalam karya Alexander Pope. Banyak ditemukan di 1986 Voyager 2 terbang lintas, dan beberapa yang baru-baru ini ditemukan oleh teleskop canggih seperti Hubble.

Bulan-bulan dalam diyakini terdiri dari air es dan batu. Voyager 2 difokuskan pada bulan ini bagian dalam, jadi kita telah menemukan informasi lebih banyak tentang mereka daripada bulan terluar planet. Sayangnya, komposisi mereka, bulan luar sebagian besar masih belum jelas. Para astronom berpikir ini adalah asteroid mungkin bahwa erat menyeberang jalan dengan Uranus dan menjadi terkunci di orbit oleh tarikan gravitasi planet.

8. Meskipun Uranus adalah 14.5x besar sebagai bumi, tarikan gravitasi di level permukaan 11% kurang dari planet kita

Berat adalah ukuran tarik gravitasi pada suatu benda, sehingga dapat berubah berdasarkan lokasinya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi gravitasi adalah massa dan jarak. Di Bumi, kita mengalami gravitasi karena seberapa jauh kita dari pusat bumi dan jumlah massa bahwa itu terdiri dari. Uranus lebih besar, tapi jauh kurang padat. Itu berarti bahwa tingkat permukaannya adalah cara jauh dari pusat planet gravitasi, akuntansi untuk tarikan gravitasi yang lebih lemah. Seseorang yang memiliki berat 150 pound di Bumi akan berubah beratnya menjadi sekitar 134 pound di Uranus.

9. Satu tahun di Uranus setara dengan 84 tahun di bumi

Uranus sangat jauh jaraknya dari Matahari sekitar 1.784 juta mil jauhnya. Orbitnya adalah sangat besar, jadi tentu saja dibutuhkan waktu lama bagi Uranus untuk melakukan sebuah perjalanan sepanjang jalan di sekitar Matahari untuk membuat orbit lengkap mengambil Uranus 84 tahun.

Jarak dari Matahari mempengaruhi durasi tahun dalam cara lain juga. Dalam fakta sebelumnya, dua faktor yang menentukan tarikan gravitasi disebutkan: massa dan jarak. Uranus cukup besar, namun karena letaknya begitu jauh dari Matahari itu bukan dipengaruhi oleh tarikan gravitasi Matahari. Oleh sebab itu, perjalanan Uranus menjadi lebih lambat. Hal itu disebabkan karena mengorbit. Perjalanan yang lebih lambat ditambah banyaknya ruang untuk menutupi membuat periode orbitational sangat lama.

10. Voyager 2 adalah satu-satunya misi yang mengunjungi Uranus sejauh ini

Sampai Voyager 2 terbang melewati Uranus pada tahun 1986 dan mengirim kembali foto dan pengukuran, kita tahu sangat sedikit tentang planet ini. Hanya beberapa dekade yang lalu itu diyakini bahwa dasarnya menjadi versi yang lebih kecil dari planet seperti Jupiter atau Saturnus, namun Neptunus serta Uranus keduanya jelas memiliki perbedaan dalam komposisi. Seperti disebutkan sebelumnya, mereka es raksasa bukannya gas raksasa seperti Jupiter dan Saturnus. Menariknya, sebagian besar exoplanets kita yang telah ditemukan adalah es raksasa serta bukan raksasa gas. Ini bahkan lebih insentif untuk meninjau kembali Uranus, karena ini merupakan contoh dari sebuah planet ekstrasurya. Planet seperti itu jauh lebih mudah untuk dicapai.

Bahkan saat ini kita benar-benar tidak tahu semua yang banyak tentang planet-planet terjauh dikenal dalam tata surya kita. Ini adalah alasan utama yang banyak ilmuwan ingin membuat perjalanan lain di sana. Badan Antariksa Eropa sangat dekat dengan memulai misi baru untuk Uranus, disebut Uranus Pathfinder, tapi sayangnya ditolak di salah satu tahap akhir seleksi.

Bahkan hal aneh lain tentang Uranus adalah bahwa medan magnet adalah sedikit miring. Kita biasanya mengharapkan mereka untuk menjadi cukup sejalan dengan sumbu rotasi planet, tapi medan magnet Uranus adalah miring 60 derajat. Jika medan magnet kita adalah miring yang banyak, kutub magnet utara akan selatan sejauh New Delhi, India! Jika kita bisa mengunjungi Uranus, kita mungkin bisa mempelajari lebih lanjut tentang bidang-terutama magnetik bagaimana mereka terbentuk.

 
 baca juga tips dan trik blogging untuk pemula


Ada banyak hal kita bisa belajar, tapi biaya perjalanan seperti astronomi-sampai sekitar tiga miliar dolar. AS pasti tidak persis memiliki uang sebanyak itu untuk membuang percuma, tapi mungkin di beberapa negara di masa depan akan bekerjasama untuk misi bersama ke planet terluar kita.

Post a Comment for "10 Fakta teratas tentang planet Uranus"