Apa saja fitur, suku cadang dan komponen dari bulan?

Web Informasi - Bulan juga dikenal sebagai lunar atau moon adalah satelit alami bumi yang terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu. Bulan terbentuk dari tabrakan yang terjadi antara bumi dan benda angkasa mirip dengan Mars. Bulan adalah benda langit kedua yang terang, setelah matahari. Bulan menyebabkan gerhana dan diketahui mempengaruhi besarnya pasang surut air laut dan panjangnya hari. Kita telah melihat bulan selama ribuan tahun. Tetapi hal yang menakjubkan adalah bahwa kebanyakan dari kita tidak tahu terbuat dari apa benda angkasa tersebut. Pada artikel ini, saya akan membahas fitur, suku cadang dan komponen dari bulan. Jadi, sekarang Anda bisa mengenal bulan terbuat dari apa.

(Baca juga: 12 Hal yang perlu Anda ketahui tentang bulan)

Tanah bulan

Ini bukan jenis tanah yang kita miliki di bumi. Tanah bulan terdiri dari kaca silikon dioksida dan menyerupai salju. Jenis tanah tersebut  lebih berdebu dari tanah bumi. Astronot Apollo NASA yang mendarat di bulan pada tahun 1970 mengatakan bahwa tanah bulan menghasilkan bau yang tajam. Aroma tanah itu seperti mesiu sementara aromanya mirip dengan abu basah.


  baca juga cari uang dari internet untuk pemula

Batu bulan

Anehnya, batu-batu bulan identik dengan batu dari bumi. Sebuah studi yang dilakukan pada batuan ini menunjukkan bahwa batu-batu itu berbeda dari batu yang ditemukan di semua badan lainnya di tata surya. Batuan utama terbuat dari silika dan alumina. Mereka diyakini telah terbentuk dari kristalisasi magma, tak lama setelah pembentukan bulan.

Kawah

Kawah adalah cekungan bulat yang dapat mengukur satu inci atau ratusan mil. Mereka adalah fitur yang paling umum dan terkenal dari bulan. Fitur ini mayoritas kawah. Jenis kawah yang terbentuk ketika komet, asteroid atau meteoroid membentur pada permukaan bulan. Kawah terbesar adalah cekungan Aitken, dan juga kawah terbesar di tata surya. Kawah besar bulan yang terkenal dinamai oleh ilmuwan, cendekiawan, seniman dan penjelajah.

Lembah

Lembah adalah fitur menarik lainnya dari bulan. Lembah utama bulan berdekatan dengan kawah. Lembah terbesar, dinamai Snellius, adalah 592 km panjangnya. Sebagian besar lembah terbentuk dari letusan gunung berapi. Proses pembekuan lava tidak merata yang menyebabkan lembah bumi adalah proses yang sama diyakini telah menyebabkan lembah bulan. Studi menunjukkan bahwa beberapa lembah bisa terbentuk dari pengaruh erosi air.

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian

Badan air

Tidak ada cukup banyak air di bulan. Tapi di awal, sekitar 30% dari permukaan bulan ditutupi oleh air. Bagian gelap bulan yang kita lihat dengan mata telanjang kita, sebenarnya badan air. Mereka samudera, laut, danau, teluk dan rawa. Bagian ini sekarang diisi dengan lava padat. Para ilmuwan menggunakan kata "Maria" untuk merujuk pada bagian-bagian yang gelap.

Komponen bulan

Pegunungan dan dataran tinggi

Bagian berwarna terang bulan yang kita lihat dari bumi, sebenarnya adalah pegunungan dan dataran tinggi. Secara ilmiah mereka dikenal sebagai "Terrae". Titik tertinggi di bulan adalah sekitar 18.100 meter di atas titik terendah. Gunung terbesar disebut “Karl Ludwig” dan dengan diameter 70 km. Dataran tinggi terdiri dari pegunungan. Sejumlah baik dari rentang memiliki diameter diatas 100 km. Pegunungan yang terbesar adalah berdiameter 791 km dan dinamai oleh astronom 'Lawrence Rook'.

Kepulauan

Daerah yang tertutup oleh air memiliki beberapa daerah benua, pulau-pulau. Pulau-pulau yang tanahnya sterilitas, panas dan keaktifan. Dari sisi yang jauh ke sisi dekat bulan, ada banyak pulau. Beberapa pulau utama termasuk : Islands of Winds, Tanah Panas, Tanah Kesuburan, Tanah Kekeringan dan Semenanjung Thunder.

Fitur lainnya:

  • Rantai Catena-dari kawah.
  • Pegunungan kerut.
  • Cape dan tanjung.
  • Lunar rilles-saluran sempit.
  • Tebing curam.

Inti, mantel dan kerak

Seperti perbedaan benda angkasa lainnya, bulan memiliki kerak, mantel dan inti yang berbeda. Bagian inti terbuat dari besi padat dan dikelilingi oleh besi cair yang membentuk inti luar. Mantel terdiri dari sebagian lapisan cair dan zona magma yang dipadatkan. Kerak terbentuk dari lava yang merupakan magma yang meletus dari mantel. Ketebalan kerak dalam sekitar 31 mil. Inti dan mantel masing-masing memiliki ketebalan 190 mil dan 120 mil.

Suasana bulan

Suasana bulan hampir vakum atau hampa. Memiliki tekanan atmosfer terkenal yang berasal dari sputtering dan outgassing. Tidak seperti atmosfer bumi, atmosfer bulan tidak memiliki oksigen, nitrogen, hidrogen dan karbon. Satu-satunya elemen yang telah terdeteksi di atmosfer ini meliputi: natrium, kalium, merkuri, helium, argon, radon dan polonium.

 baca juga tips dan trik blogging untuk pemula

Sekarang Anda tahu bulan terbuat dari apa. Lebih banyak fitur, suku cadang dan komponen yang mungkin ditemukan di masa depan sebagai eksplorasi berlanjut. Misi berawak terakhir ke bulan terjadi pada tahun 1972. Banyak perubahan yang mungkin terjadi setelah waktu itu. Jadi, mari kita tunggu eksplorasi berawak berikutnya.

Post a Comment for "Apa saja fitur, suku cadang dan komponen dari bulan?"