Instal Android 11 Pratinjau Pengembang di Google Pixel Anda - Foolproof Guide

Google baru saja merilis versi pertama dari pembaruan Android utama berikutnya. Android 11 build pertama hanya tersedia sebagai pratinjau pengembang, yang berarti Anda tidak bisa hanya mendaftar untuk program beta dan menginstal pembaruan sebagai OTA. Tetapi Anda masih dapat menginstal pembaruan pada Pixel Anda dengan cukup mudah.
 
 baca juga tips dan trik blogging untuk pemula

Anda akan membutuhkan bootloader yang tidak dikunci untuk menginstal DP1 build Android 11, juga dikenal sebagai Android R. Jika Anda belum melakukannya, ini akan mengatur ulang ponsel ke pabrik. Tetapi jika bootloader Anda sudah tidak terkunci, ada cara untuk mem-flash Android 11 tanpa kehilangan data apa pun, dan itulah yang akan saya uraikan di bawah ini.


Buka Kunci Bootloader Anda

Bootloader Anda perlu dibuka sebelum Anda dapat mem-flash gambar firmware. Jika Anda belum melakukan ini, Anda bisa search di google terlebih dahulu.

Download Developer Preview Images

Sekarang, Anda perlu mengunduh gambar pengembang Android 11 yang sesuai dengan ponsel Pixel Anda. File-file ini cukup besar, jadi bersiaplah untuk menunggu beberapa menit pada koneksi internet yang lebih lambat.

Setelah ZIP dengan gambar pratinjau pengembang diunduh ke komputer Anda, Anda perlu mengekstrak isinya. Anda hanya perlu mengekstrak file ZIP pertama; file ZIP lain yang muncul di folder yang diekstrak harus dibiarkan sendiri. Untuk mengekstrak file, Anda dapat menggunakan extractor bawaan yang ditemukan di Windows atau menggunakan program pihak ketiga seperti 7-Zip.

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian

 
Download Platform-Tools Package

Anda sekarang membutuhkan paket alat platform Google. File-file ini memungkinkan komputer dan telepon Anda untuk berkomunikasi saat dalam mode Fastboot. Unduh versi terbaru platform-tools menggunakan tautan di bawah ini untuk sistem operasi apa pun yang Anda jalankan di komputer Anda.
Extract Platform-Tools Package & Salin Files

Sekarang, ekstrak ZIP platform-tools. Buka folder yang dibuat setelah mengekstraksi platform-tools, sorot semua kontennya, dan gunakan ctrl + x untuk menangkap semua yang ada di dalamnya. Kemudian, buka folder dengan gambar pratinjau pengembang lagi dan rekatkan konten platform-alat di dalamnya.

Ubah Skrip Flash-All

Sekarang sebelum Anda memutakhirkan pembaruan, ada beberapa hal yang ingin Anda lakukan sebelumnya. Hal pertama adalah mencegah ponsel Anda menghapus semua data Anda selama upgrade. Meskipun Google merekomendasikan untuk menghapus semua data Anda karena ini adalah pratinjau pengembang dan berfungsi paling baik pada pemasangan baru, Anda selalu dapat mengatur ulang pabrik perangkat Anda nanti jika Anda mengalami masalah.

Untuk melindungi data Anda dari penghapusan, Anda perlu mengedit file berikut di folder gambar pratinjau pengembang yang diekstrak:

flash-all.bat (Windows)
flash-all.sh (macOS/Linux)

Untuk pengguna Windows, klik kanan pada file "flash-all.bat" dan pilih "Edit" di menu konteks. Untuk pengguna macOS dan Linux, klik dua kali file tersebut untuk membuka editor teks. Di editor, cari baris "fastboot -w" (mengarah ke bawah) dan hapus "-w" lalu simpan perubahan. Sekarang, ketika Anda memperbarui ke Android 11, Anda tidak akan kehilangan data Anda.

Untuk pengguna macOS dan Linux, ada dua hal lagi yang perlu Anda lakukan untuk dapat melakukan flash di tempat pertama. Yang pertama adalah menghapus baris berikut:
if ! [ $($(which fastboot) --version | grep "version" | cut -c18-23 | sed 's/\.//g' ) -ge 2802 ]; then
echo "fastboot too old; please download the latest version at https://developer.android.com/studio/releases/platform-tools.html"
exit 1
fi

Lalu, sebelum setiap baris kode yang dimulai dengan "fastboot," letakkan "./" sebelum masing-masing, ubah menjadi "./fastboot" lalu simpan hasil edit yang Anda buat.

Boot ke Mode Bootloader 

Matikan Pixel Anda. Setelah mati, tahan tombol volume bawah dan daya sampai layar menyala. Layar akan muncul yang disebut "mode Fastboot" - tinggalkan ponsel Anda di layar ini dan hubungkan ke komputer Anda dengan kabel USB.

Perbarui ke Android 11

Jika Anda menggunakan Windows, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah klik dua kali pada file "flash-all.bat" di folder gambar pratinjau pengembang yang diekstraksi. Ini adalah file yang dapat dieksekusi, sehingga secara otomatis membuka Command Prompt dan memulai proses peningkatan ke Android 11.

Untuk pengguna macOS dan Linux, Anda harus terlebih dahulu membuka Terminal dan mengarahkannya ke folder gambar pabrik dengan mengetik "cd," menekan spasi, lalu menyeret folder gambar pabrik ke Terminal. Ini akan mengisi Terminal dengan lokasi alamat lengkap folder. Tekan enter dan baris baru akan muncul. Pada baris ini, masukkan kode berikut dan tekan enter untuk memulai proses pemutakhiran:

 baca juga cari uang dari internet untuk pemula

flash-all.sh
Prosesnya memakan waktu sekitar 10 menit dan ponsel Anda akan restart beberapa kali. Setelah Command Prompt atau Terminal menyatakan "selesai," seharusnya reboot sekali lagi, tetapi kali ini ke Android 11!

Post a Comment for "Instal Android 11 Pratinjau Pengembang di Google Pixel Anda - Foolproof Guide"