Cara Menyingkirkan Malware Paling Mengganggu Android: xHelper

xHelper adalah hadiah yang terus memberi. Dan dengan hadiah, maksud saya "malware Android;" dan dengan memberi, maksud saya "membuka sistem Anda untuk semua jenis serangan yang tidak menyenangkan." Seperti mahluk itu dari film Alien, tujuan utama xHelper adalah bertahan — ia terus menginstal ulang sendiri telepon Anda, bahkan jika Anda mengatur ulang perangkat Anda, sehingga dapat tetap terhubung ke server perintah-dan-kontrol jarak jauh dan memungkinkan penyerang untuk melakukan lebih banyak kekacauan di Android Anda.

 baca juga tips dan trik blogging untuk pemula 

 


Bagaimana Anda menghancurkan kecoak malware ini? Sebelumnya, kami mengatakan cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan menghindari xHelper sepenuhnya. Jika Anda tidak mengikuti saran kami, atau secara tidak sengaja menemukan diri Anda dengan malware abadi di perangkat Anda, harapan tidak hilang. Menghapus xHelper memang menyebalkan, tapi itu mungkin.

Perlu sejenak untuk membaca bagaimana MalwareBytes berhasil menyimpulkan bahwa xHelper yang harus disalahkan atas masalah yang dialami salah satu pengguna forum dengan perangkatnya. Ini menarik, tetapi juga akan membantu Anda mengenal proses yang harus Anda lalui untuk menyingkirkan xHelper di perangkat Anda.

Untuk memulai, pertama-tama Anda ingin mengambil aplikasi pengelola file. Untuk pengguna MalwareBytes, ia kemudian harus menonaktifkan Google Play Store — ya, aplikasi yang Anda gunakan untuk mengunduh sebagian besar aplikasi di perangkat Anda. Itu normal, karena xHelper "menyembunyikan". Peluncuran .APK diluncurkan, instal ulang malware utama xHelper, dan kemudian hapus instalannya sendiri (sumber .APK) tanpa sepengetahuan Anda. Dan itu semua dipicu oleh sesuatu yang belum diketahui oleh peneliti, yang merupakan aplikasi Google Play Store dalam kasus ini.

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian


Dia kemudian menjalankan MalwareBytes untuk menghapus xHelper, dan menggunakan aplikasi manajer file untuk mencari melalui Android apa pun yang dimulai dengan "com.mufc." Jika "tanggal modifikasi terakhir" dari apa pun yang ditemukannya cocok dengan tanggal hari itu (dan dekat dengan waktu ketika ia menjalankan MalwareBytes), ia menghapusnya — selama itu bukan folder yang lebih jelas dan penting seperti “Unduhan.” Dia kemudian mengaktifkan aplikasi Google Play Store dan sepertinya baik-baik saja.

Sementara itu sepertinya solusi yang agak mudah, butuh banyak penggalian untuk sampai di sana. Seperti yang ditulis MalwareBytes 'Nathan Collier:

Sejauh ini, ini adalah infeksi paling buruk yang pernah saya temui sebagai peneliti malware seluler. Biasanya reset pabrik, yang merupakan opsi terakhir, menyelesaikan bahkan infeksi terburuk. Saya tidak dapat mengingat saat infeksi berlanjut setelah reset pabrik kecuali perangkat dilengkapi dengan malware yang diinstal sebelumnya. Fakta ini secara tidak sengaja mengirim saya ke jalan yang salah. Untungnya, saya mendapat bantuan Amelia, yang gigih seperti xHelper sendiri dalam menemukan jawaban dan membimbing kami untuk kesimpulan kami.

Saya berani bertaruh bahwa akan ada beberapa varian xHelper, atau malware lain, yang menggunakan teknik berbeda untuk menyembunyikan diri di perangkat Anda. Dan itu mungkin akan membutuhkan lebih banyak penggalian di pihak Anda untuk memberantasnya — bahkan mungkin menarik ADB dan menghapus aplikasi sistem sampai Anda dapat menentukan dengan tepat sumber masalah pada perangkat Anda yang terinfeksi. Saya tidak berharap pengguna Android rata-rata Anda tahu cara melakukan itu.

 baca juga cari uang dari internet untuk pemula

Saran universal saya, selain menghindari sepenuhnya meminggirkan aplikasi, adalah melakukan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan proses dan aplikasi pada perangkat Anda. Itu termasuk aplikasi apa pun yang mungkin tampak tidak bersalah pada pandangan pertama. Setelah Anda selesai melakukannya, semoga Anda dapat melacak xHelper dan menyingkirkannya untuk selamanya, tetapi itu tidak akan menjadi proses yang menyenangkan.

Post a Comment for "Cara Menyingkirkan Malware Paling Mengganggu Android: xHelper"