Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung di Android

Selama memiliki perangkat Android, Anda mungkin terhubung ke puluhan jaringan Wi-Fi. Sekolah, rumah, kantor, gym, rumah teman dan keluarga Anda, kedai kopi - setiap kali Anda mengetikkan salah satu kata sandi Wi-Fi ini, perangkat Android Anda menyimpannya untuk diamankan dan akses mudah di masa mendatang.

 baca juga tips dan trik blogging untuk pemula

Masalahnya muncul ketika Anda ingin benar-benar melihat kata sandi untuk salah satu jaringan yang terhubung. Mungkin Anda ingin menghubungkan perangkat kedua ke titik akses Wi-Fi yang disimpan, atau mungkin Anda dengan teman yang ingin masuk ke hotspot yang sama. Tetapi tanpa cara untuk mengakses kata sandi aktual yang disimpan oleh perangkat Anda, Anda kurang beruntung.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini. Jika Anda menggunakan Android 10 atau lebih tinggi, Anda dapat melihat kata sandi Wi-Fi langsung dari pengaturan ponsel Anda. Namun, jika Anda menggunakan Android 9.0 Pie atau lebih rendah, perhatikan bahwa Anda harus di-root.

Temukan Pengaturan Wi-Fi

Saat ini, hanya ada satu rasa Android 10, dan itulah versi "Stock Android" langsung dari Google. Namun, dalam waktu dekat, produsen seperti Samsung akan memutar Android 10 dengan menerapkan skin OEM seperti One UI, yang berarti menu pengaturan bisa sedikit berbeda di ponsel Anda.


Jadi pertama-tama, cari menu Pengaturan ponsel Anda untuk submenu "Wi-Fi". Di Android Stock, itu terletak di Pengaturan -> Jaringan & internet. Setelah Anda menemukan menu pengaturan Wi-Fi, silakan dan pilih.



Lihat Kata Sandi Wi-Fi

Satu di dalam halaman pengaturan Wi-Fi, gulir melewati daftar jaringan yang tersedia dan pilih opsi "Jaringan tersimpan". Dari sana, Anda akan melihat daftar semua jaringan Wi-Fi yang diingat telepon Anda. Pilih satu.




Sekarang, pilih opsi "Bagikan" di bagian atas layar. Anda akan diminta untuk memindai sidik jari atau wajah Anda atau memasukkan PIN atau kata sandi Anda. Setelah melakukannya, Anda akan melihat kode QR yang mewakili SSID dan kata sandi jaringan. Anda dapat memindai ini dengan perangkat lain menggunakan pemindai QR jika Anda mau, tetapi kata sandi juga tercantum dalam teks biasa di bawah kode QR, sehingga Anda dapat menyalinnya dari sana.
 

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian

 



Android 9 & Lebih Rendah (Diperlukan Root)

Jika ponsel Anda menjalankan Android 9.0 Pie atau lebih rendah, satu-satunya cara untuk melihat kata sandi Wi-Fi yang disimpan adalah dengan aplikasi root. Ini akan bekerja paling baik jika Anda memiliki TWRP isntalled dan menggunakannya untuk menginstal install Magisk for root.

Instal WiFi Password Viewer

Ada beberapa aplikasi yang mengklaim dapat menunjukkan kata sandi Wi-Fi Anda di Play Store, tetapi satu-satunya yang kami temukan berfungsi di semua perangkat kami adalah WiFi Password Viewer oleh SimoneDev.


Lihat Kata Sandi Wi-Fi Tersimpan

Saat pertama kali meluncurkan WiFi Password Viewer, aplikasi akan meminta akses Superuser. Ketuk "Berikan" pada sembulan, maka Anda akan dibawa ke daftar yang berisi semua jaringan Wi-Fi yang pernah Anda sambungkan, di mana setiap entri menunjukkan kata sandi di bawahnya.

Jika Anda telah terhubung ke banyak jaringan Wi-Fi yang berbeda selama memiliki perangkat Android Anda, daftar Anda mungkin cukup panjang. Jika itu masalahnya, Anda dapat mencari jaringan Wi-Fi tertentu dengan menggunakan tombol pencarian di sudut kanan atas.

Bagikan Kata Sandi Wi-Fi Tersimpan

Jika Anda perlu membagikan salah satu kata sandi ini dengan perangkat lain, Anda memiliki beberapa opsi. Mulailah dengan mengetuk entri apa pun dalam daftar, lalu menu kecil akan muncul. Dari sini, Anda dapat mengetuk "Salin kata sandi" untuk menyalin kata sandi jaringan itu ke clipboard Anda, yang akan memudahkannya untuk menempelkan ke aplikasi SMS favorit Anda dan mengirim ke perangkat lain. Atau, Anda dapat melewati satu langkah dan mengetuk "Bagikan," lalu pilih aplikasi SMS favorit Anda dari menu yang muncul untuk mengirim kata sandi.


 
  baca juga cari uang dari internet untuk pemula 
 
Terakhir, Anda juga bisa mengetuk "QR" untuk membuat aplikasi menghasilkan kode QR yang berisi info jaringan. Jika perangkat lain adalah Pixel atau iPhone, Anda cukup membuka aplikasi kamera, arahkan ke kode QR, lalu ketuk prompt popup untuk menghubungkannya secara otomatis ke jaringan Wi-Fi.

Post a Comment for "Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Terhubung di Android"