Menurunkan Pluto dari tahta planet

Web Informasi - Untuk dekade secara luas diyakini bahwa sistem tata surya kita memiliki 9 planet, tetapi baru-baru ini astronom menolak pengamatan masa lalu mereka dan pemerintahan Pluto sebagai planet yang berakhir tiba-tiba.

 baca juga cari uang dari internet untuk pemula

Jadi apa sebenarnya yang memulai ide ini dari reklasifikasi Pluto?

Abad setelah penemuan Pluto, para astronom memperkirakan ukuran Pluto berada di sekitar 1.500 Mil. Meskipun ini sangat kecil pada skala planet, itu dianggap obyek terbesar di luar orbit Neptunus.

Pada tahun 1992 astronom menemukan serangkaian asteroid, di luar orbit Neptunus yang sekarang dikenal sebagai Sabuk Kuiper, seperti sabuk asteroid antara orbit Mars dan Jupiter. Para astronom memperkirakan ada yang menjadi lebih dari 70.000 asteroid di Sabuk Kuiper tetapi pada saat yang dianggap Pluto menjadi yang terbesar.

(Baca juga: Apakah benar Pluto bukan planet).

Dalam dekade terakhir, banyak asteroid dekat dengan ukuran Pluto ditemukan di Sabuk Kuiper dan astronom tahu itu hanya masalah waktu sebelum sebuah objek yang lebih besar dari Pluto sendiri akan ditemukan, inilah yang memunculkan keraguan tentang Pluto disebut planet.

Eris-Pluto

Jika asteroid sedikit lebih besar dari Pluto ditemukan, akankah mereka juga dianggap planet?

Pada tahun 2005 sebuah asteroid yang lebih besar dari Pluto memang ditemukan di Sabuk Kuiper, Eris. Ini memunculkan kontroversi tentang Pluto disebut planet dan muncul pertanyaan: Haruskah baik Eris dan Pluto dianggap planet miniatur atau asteroid yang sangat besar?

baca juga informasi luar angkasa untuk menambah pengetahuan kalian

Sebuah keputusan bersejarah dibuat

Dalam sidang umum International Astronomical Union pada tahun 2006, para astronom dari seluruh dunia dibesarkan masalah dan suara dari jaman yang penting diadakan pada klasifikasi Eris dan Pluto.

Satu sisi suara akan membawa total planet ke 10, menjaga Pluto dan menambahkan Eris ke daftar Planet, yang lain akan membawanya ke 8, menghilangkan Pluto dari daftar planet. Pada akhirnya yang terakhir menang, perakitan mencopot Pluto dan baru-baru ini dimahkotai Eris dari klasifikasi planet dan menciptakan klasifikasi baru untuk keduanya adalah planet kerdil.

Post a Comment for "Menurunkan Pluto dari tahta planet"